Minggu, 27 Februari 2011

PROGRAM APLIKASI GRAFIS BERBASIS VEKTOR

1. Pengertian Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.

Gambar design collection vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Di samping itu gambar design collection vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.

Grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming).

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.

Gambar-gambar berformat vector ideal untuk logo dan ilustrasi karena memiliki resolusi yang bebas dan dapat di-skala ke dalam ukuran yang tak terbatas, dapat dicetak dan ditampilkan dalam resolusi berapa saja tanpa kehilangan detail setiap bagian dan tidak kehilangan kualitasnya. Dengan kata lain, anda dapat membuat gambar garis yang sangat tegas, jelas dan tajam dengan menggunaksan format vector.

2. Aplikasi Grafis Berbasis Vektor

Terdapat beberapa jenis aplikasi grafis berbasis vektor, di antaranya:

(1) Adobe Illustrator

(2) CorelDRAW

(3) ACD Canvas

(4) Creature House Expression

(5) Freehand

(6) Xara Xtreme

2.1 Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah program penggambaran dalam bentuk vector. Adobe Illustrator ini biasanya digunakan untuk menggambar illustrasi, kartun, diagram, grafik, logo.

6ex4.jpg

Area kerja Adobe Illustrator CS-2 pada dasarnya terdiri atas beberapa komponen antara lain:

· Menu berisi kontrol untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, menyimpan file, dan sebagainya sesuai dengan menu yang ditampilkan.

· Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat untuk membuat obyek.

· Toolbox berisi menu untuk membuat atau menggambar bentuk, memberi pewarnaan, dan sebagainya.

· Palete Color berisi warna-warna yang dipakai dalam pewarnaan objek di dalam Adobe Illustrator CS-2.

· Objek Properties berisi tentang informasi objek antara lain koordinat objek, rotation, fill, stroke, width, height, dan sebagainya.

· Layer Properties berisi layer-layer dimana objek berada (sama seperti di Potoshop).

· Pathfinder berfungsi untuk triming objek, menggabungkan 2 objek menjadi 1 bangun, dan lain-lain

Terdapat fungsi-fungsi tools dalam illustrator:

· Selection tool: untuk seleksi objek, memindah, memperbesar ukuran, dan sebagainya.

· Direct Selection tool: untuk editing bentuk bidang yang sudah jadi.

· Magic wand tool: seleksi warna seperti pada potoshop.

· Lasso tool: seleksi objek seperti pada potoshop.

· Pen tool: membuat bentuk objek (curva) sesuai dengan keinginan kita.

· Type tool: mengetikkan huruf.

· Line segment tool: menggambar garis.

· Rectangle tool: menggambar bidang persegi, jika ingin memunculkan bentuk bidang yg lain maka press rectangle tool agak lama, maka akan muncul pilihan bentuk bidang yg lain seperti oval, polygon, dan sebagainya.

· Paint brush  tool: menggambar garis secara bebas seperti pada Microsoft paint.

· Pencil tool: hampir sama dengan paint brush tool.

Tools-tools diatas hampir sama dengan photoshop hanya ini berbasis vektor. Adobe illustrator biasanya digunakan untuk membuat sebuah gambar/foto asli menjadi sebuah kartun yg berwarna.

2ex1.jpg5ex1.jpg7ex1.jpg

2.2 CorelDraw

CorelDraw merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan kita membuat sebuah karya seni, mulai dari membuat logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau komplek. Coreldraw menyediakan tool yang membuat anda dapat bekerja efisien untuk menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Corel draw biasanya digunakan untuk membuat sebuah desain logo-logo yang simpel.

corel.jpg

draw.jpg

2.4 ACD Canvas

ACD Canvas adalah gambar grafis teknis dan umum, imaging, dan penerbitan (cetak dan web) produk dari ACD Systems untuk komputer pribadi. Versi saat ini adalah kanvas 11.
Versi pertama adalah unik dalam berbagai cara; bukan karena paling tidak dirilis baik
sebagai aplikasi dan meja aksesori.

Dalam bentuk terakhir ini, dapat digunakan sementara program lain, misalnya PageMaker, sudah berjalan secara bersamaan, sangat berguna dalam waktu operasi program tunggal.

Kanvas menyediakan alat untuk membuat dan mengedit grafik vektor dan raster. Hal ini digunakan untuk ilustrasi, tata letak halaman, animasi, presentasi, dan publikasi dalam format cetak dan Web.

Dari awal, kanvas berbeda dari aplikasi grafis lain karena dikombinasikan alat dan format file untuk kedua vektor (line art) grafis, dan raster (fotografi dan pixel-based) gambar, bersama dengan pengolah kata dan fitur halaman-layout seperti beberapa halaman dokumen dan halaman master. Pengguna bekerja di sebuah jendela yang merupakan "halaman di sebuah papan pengumuman" akrab analog digunakan oleh banyak DTP dan grafis vektor program, tetapi di jendela, yang mungkin berupa halaman ilustrasi tunggal atau satu halaman dari sebuah majalah multi-halaman, buku, situs web, animasi atau presentasi, pengguna dapat membuat atau mengedit dan gambar tata letak teks, grafik vektor dan raster. Canvas juga menekankan gambar teknik di samping fitur ilustrasi artistik.

2.5 Macromedia Freehand

Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk microsoft window dan Mac OS.

Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan adobe system, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe illustrator, maka adobe mengembalikan FreeHand ke altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). a kemudian dibeli oleh macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.

Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQnx6qykWd1t4jLInbBfnaV1jsKXcL9paUCBafAcrLgvs8tx_s&t=1&usg=__mruINobjezODAk1Tkx9hXBbjpXE=

2.6 Creature House Ekspresi

Creature House Ekspresi adalah editor grafis vektor awalnya dikembangkan oleh Creature House di Hong Kong, kemudian Ray Dream, kemudian Fraktal Design Corporation dan kemudian MetaCreations sebagai pendamping untuk kemudian-Fractal Desain/ MetaCreations Painter. Pada saat itu, Creature House adalah independen Hong Kong studio perangkat lunak. Ekspresi mencoba untuk menduplikasi Painter UI sedekat mungkin dan tersedia untuk Mac OS dan Windows.

Beberapa saat setelah Fraktal Desain dan MetaTools tergabung dalam MetaCreations, sebuah perusahaan publik, manajemen memutuskan untuk menipis portofolio produk dan fokus pada audiens yang lebih spesifik. Ekspresi akhirnya kembali dengan Creature House yang merilis dua versi perangkat lunak di bawah nama merek mereka sendiri, Expression 2 dan Ekspresi 3.

Akhirnya, Microsoft membeli Creature House dan perkembangan lebih lanjut di bawah nama kode Acrylic. Pada tahun 2007, aplikasi Expression asli menjadi bagian dari Microsoft Expression Studio suite aplikasi, namanya dan ditulis ulang di WPF seperti Microsoft Expression Design. Windows XP dan Vista versi yang tersedia, walaupun Mac OS X dukungan secara resmi telah dihentikan.

expression_1.jpghttp://www.graphics.com/sections/eye/6/expression1.jpg

Xara Xtreme Xara Xtreme memiliki kecanggihan dunia, mesin rendering vector dengan kinerja. Kesederhanaannya membuatnya menjadi perangkat lunak grafis tercepat yang ditemukan. Direct Action Tools-nya memungkinkan Anda untuk membuat efek seperti transparansi, bayangan, atau bevels di lereng mengisi secara interaktif, cara cepat dan intuitif. Tidak ada dialog yang mengganggu – cukup letakan di atas obyek! Prinsip drag and drop dalam import file menjadikannya dapat bekerja dengan hemat waktu. Anda dapat membuat animasi 2D dan 3D.

http://3.bp.blogspot.com/_VYlrJ2OcDVw/Se9g-eekhRI/AAAAAAAAAB8/DbLXDdr1eJI/s400/xara_extreme_pro.jpg http://image.wangchao.net.cn/bt/1244865186121.jpeg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar